Back To Top
Komplek Perguruan Terpadu, Jl. K.H Ahmad Dahlan KM. 4 RT.03 No.51 Kelurahan. Mangkol Kecamatan. Pangkalan Baru Kabupaten. Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Telp/Fax. 0717-431 771 Email : stkip.mbb@gmail.com Website : www.stkipmbb.com
::: CEK LIST KELENGKAPAN BERKAS UNTUK UJIAN PROPOSAL, YUDISIUM dan DATA PENDUKUNG LAINNYA DAPAT DILIHAT DI MENU UNDUHAN::: UNTUK SAAT INI SIAKAD SUDAH DAPAT DIAKSES KEMBALI ::: INFORMASI SURAT KETERANGAN YANG DIKELUARKAN LSIK DAPAT DILIHAT DIMENU UNDUHAN ::: JADWAL UJIAN SKRIPSI DAPAT DILIHAT DI PENGUMUMAN ::: INFORMASI PENTING : SEGALA PENGUMUMAN & AGENDA YANG BERKAITAN DGN KEGIATAN KEMAHASISWAAN/KAMPUS DAPAT DILIHAT PADA MENU INFORMASI
Loading...

Jumat, 07 September 2012

OSPEK, Memperkenalkan budaya kampus

ORIENTASI studi dan pengenalan kampus (Ospek ) merupakan momentum bersejarah bagi setiap siswa yang memasuki pintu gerbang perguruan tinggi. Pada hakikatnya, Ospek merupakan kegiatan untuk memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru. Bertujuan untuk mensosialisasikan kehidupan di perguruan tinggi dan proses pembelajaran yang pada pelaksanaannya melibatkan unsur pimpinan, prodi, mahasiswa dan unsur-unsur lainnya yang terkait.

Pelaksanaan OSPEK bagi mahasiswa baru STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung tahun 2012 diikuti sekitar 160 calon mahasiswa yang tersebar di 2 program studi dalam lingkup STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung , yang dilaksanakan selama 5 hari ( tanggal 4 September 2012 s.d. 8 September 2012).

Tema sentral yang diusung dalam pelaksanaan ospek tahun ini adalah “Internalisasi pendidikan profetik : Inspirasi menuju intelektual pendidik yang berkemajuan dan mencerahkan”. Adapun materi kegiatan terdiri dari fungsi dan peran PT, kegiatan akademik, pengenalan budaya dan karakter, dan tentang kemahasiswaan.

Ospek juga dapat dijadikan sebagai alat sosialisasi untuk mengembangkan budaya diskusi bagi mahasiswa baru. Hal ini bisa diaplikasikan dengan membuat lebih banyak format kegiatan diskusi, debat, tukar pikiran dan dialog antarmahasiswa, dosen dan unsur civitas academica lainya. Hal ini sangat efektif untuk membangun ikatan emosional antarmahasiswa baru dengan mahasiswa lama, dosen, ataupun pegawai lainnya.

Nara sumber berasal dari internal STKIP MBB sendiri maupun dari luar, misalnya dari Ketua Pimpinan Wilayah Muhamamdiayah Bangka Belitung yang memberikan materi tentang “Angkatan Muda Muhammadiyah Sebagai Inti Gerakan Perubahan”. Hal ini dilakukan sebagai upaya memberikan pengetahuan kepada mahasiswa baru tentang organisasi Muhammadiyah.

Materi yang tak kalah penting tentang nilai Kemuhammadiyahaan dan KeIslaman dalam perguruan Muhammadiyah juga disampai oleh Drs. Hasan Rumata, dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih mendalam perguruan tinggi Muhammadiyah.

Dengan begitu, diharapkan dari pelaksanaan OSPEK tahun ini memberikan pemahaman dan mempersiapkan para mahasiswa sebagai generasi-generasi muda yang berkemajuan dan mencerahkan serta memiliki sifat dan akhlak yang terpuji. Tetapi juga, sebagai batu loncatan para mahasiswa baru untuk bersikap lebih dewasa dalam bertindak sebelum memasuki kehidupan kampus.